19.6.08

Potong Rame-rame

Cerita dari kampung sebelah…

Pak RT ngajak orang-orang ngumpul di balai desa malem, setelah Sholat Isya. Pas nerima kabar, warga udah ngerasa setengah hati. Masalahnya minggu kemaren salah satu rumah warga ada yang kemalingan dan Pak RT nyalahin semua warganya karena engga tanggap situasi.

Lah… Gimana mau tanggap situasi? Yang lagi ronda emangnya pada ke mana? Soang Pak Haji Jatun kenapa engga bunyi kalo denger ada orang ‘laen’ dateng? Anjingnya Bu Kum-kum juga kayaknya malem itu lagi kumkuman kali, buktinya dia ga’ gong-gong...

Nah... Kalo dah gitu, semua kena paitnya, semua warga dimarahin abis-abisan. Belom cukup, Pak RT malahan minta ganti rugi segala sama warga gara-gara keilangan itu. Duit hasil kerja bareng pas bazzar kampung kemaren, dicurigai bakal dibabat abis buat ganti rugi itu. Alasannya, rumah itu kemalingan karena keteledoran bersama, dosa nasional lah... Ampun deh...

Makanya, banyak warga yang ga’ mau dateng pas ngumpul ntar malem. Dah keburu mangkel duluan.

Singkat kata singkat cerita, malem itu jadilah acara ngumpul-ngumpul di Balai Desa.

Yang ditakutin kejadian, duit hasil kerja bareng kemaren dipotong setengahnya sebagai ganti rugi akibat keteledoran bersama yang mengakibatkan rumah tetangga bertembok tinggi dan megah itu kebobolan.

“Jadi keuntungan hasil bazar yang seharusnya kita terima 100%, karena keteledoran kita semua, dipotong rata untung ganti rugi sebesar 50%. Kenapa? Kenapa pada diam? Itu kan salah kita semua. Kita harus mau dong ganti rugi, jangan mau enaknya aja...” kata Pak RT berapi-api.

Warga gempar! Tapi ga’ tau musti ngapain. Rasanya pengen murka, hasil kerja selama itu bisa hilang gitu aja, nguap! Tapi untungnya ada beberapa warga yang masih mau mikir, “Masih mending ga’ dipotong semua juga...”

Tapi emang bener ya gitu itungannya? Bener ya kalo gara-gara 1 orang yang salah, semua musti ikutan ganti rugi? Demi solider antar sesama? Atau demi menghindari munculnya pasukan sakit hati? Atau gaya-gaya-an heroik Pak RT aja?

Tau deh... Bukan Pak RT gue ini

No comments: