25.2.08

Bayar yang Dimakan

Baru-baru ini seorang temen marah-marah. Gara-garanya mungkin sepele buat beberapa orang... Tapi buat dia, merupakan pukulan yang sangat luar biasa (aduh ini kayaknya hiperbola banget ya... :p)

Ceritanya, suatu siang, dia makan siang ber-10 sama temen-temen kantornya, di rumah makan kelas melati lah kalo pake ukuran hotel. Dia pesen Ayam bakar madu, nasi putih dan es teh manis. Temen-temen lain, pesenannya 3 kali lipat, termasuk sayur asem, ikan gurame goreng kering, perkedel jagung manis, udang bakar, empal gentong, tahu tempe goreng, mpek-mpek, poffertjes, es krim dan es campur. Untuk menu-menu terakhir emang sengaja dipesen untuk dimakan rame-rame, atas seperesetujuan setengah pihak pemakan siang

Pas acara bayar bayaran, si pemesan makanan terbanyak bilang, Kan kita makan rame-rame nih... Bon-nya langsung bagi 10 aja ya!” Di bon itu tertera angka 700 ribu perak. Semuanya langsung ngeluarin duit 70 ribu perak seorang. Selesai lah acara makan siang itu.

Gue komentar di tengah ceritanya yang menggebu-gebu, “Gila… Makan siangnya gragas banget ampe seorang 70 ribu!”

Dan ternyata itu poin utama kenapa temen gue ini marah. Masalahnya, dia cuman makan apa yang dia pesen aja. Engga lebih, engga kurang. Kalo diitung-itung palingan abis 15 ribu perak, sesuai ama anggaran makan siang dia. Sayangnya dia bukan orang yang berani nolak pas diminta ‘patungan’. Bukan diminta... Tepatnya dipaksa! Jadilah siang itu dia makan ayam bakar madu plus nasi putih dan teh manis seharga 70 ribu perak! Weks! Mahal banget ya...

“Gimana ngadepinnya ya kalo gitu?” tanyanya masih dengan nada kesel.

Gue engga punya jawaban jitu sih... Tapi, kalo gue sih tebel muka aja kali ya... Bayar aja apa yang kita makan, jangan lupa pajak ya, tentunya. Atau kalo mau lebih cuek lagi, minta aja diitung dengan bon terpisah. Biar lah dibilang ‘itung-itungan’ juga, daripada tekor?

“Enak ga’ ya ngomong gitu?” tanya temen gue lagi, sekali ini nanyanya malu-malu.

Menurut gue sih… Enak aja lah... Daripada kayak sekarang? Kenyang engga, ngedumel iya.

Betul tidak? (Dibaca dengan logat Sunda-nya Aa Gym)

5 comments:

fahmi! said...

eh ada cerita yg lebih seru! dari kalangan temen2 blogger juga. kan biasanya kalo ada seleblog dari satu kota berkunjung ke kota lain gitu temen2 di kota tujuan suka bikin acara penyambutan, kopi darat gitu lah. dan tentu saja makan2. lha pas giliran mbayar, ternyata ada yg sok sibuk mainan henfon hihihi... jadi yaa... gratis deh dia! hebat kan? ;)

yanie said...

Errr...ato ga pas mo bayar pura2 sakit perut trus ndekem di wc..ato kabur pulang!! hihihi...kalo saya jadi dia mah yakin bener bakal minta split bill..males banget bayarin pesenan orang lain yg engga2..:DD

Neng Keke said...

Fahmi!:
Huahahahhahahaa... Lo engga tau kan kalo ternyata dia tuh lagi SMS-an ama temennya, minta dibayarin dulu karena duit dah abis buat ongkos!

Yanie:
Kayak di film-film ya, Yan... Kalo bisa mah pas dari toilet kabur pulang :D

Stephanie Zen said...

iyaya, pasti keki banget tuh, ikutan bayar yg ngga dimakan.. daripada rugi, mending dari awal ikut makan yg banyak aja yak? ;p

Neng Keke said...

Stephanie Zen:
Iya! Tau gitu... Hajar aja semua makanan! Masalah kekenyangan mah gimana entar :p