1.9.08

Gerakan Lawan Petasan

Gue salah satu orang yang setuju banget ama Gerakan Lawan Petasan. Dari waktu kecil dulu, gue emang ga’ suka maen petasan. Sensasinya ga’ seru ah… Cuma ‘Duar!’, trus udah aja engga ada keriaan ini itu. Mendingan air mancur atau mercon, secupu-cupunya, paling engga keliatan muncratan bunga api kayak di panggung musik rock, seru!

Kebencian gue sama petasan mencapai titik didih waktu jaman kuliah dulu. Lagi musim tuh yang namanya petasan teko (kalo engga salah). Gede’nya ya pasti dong segede’ teko, kalo segede’ pintu mah namanya rudal :p

Oke... Si petasan teko ini kabarnya bunyinya sangat menggelegar. Beberapa tembok rumah mungkin aja retak-retak karena getarannya dan ketauan 1 kucing tetangga tewas karena main-main deket petasan itu. Gue dari awal dah engga setuju dengan pemasangan benda sialan itu. Tapi berhubung sang pacar (pacar waktu kuliah loh ya... Engga jadi gue kawinin – Duh... penting amat sih statement ini ) maksa masang bareng temen-temen kompleksnya... Ya gue ngikut lah.

Gebleknya... Pas sumbunya dah dibakar, kita lari menjauh dan nutup telinga kenceng-kenceng. Tolol banget ga’ tuh? Masang petasan tapi takut kaget...

Tuh telinga udah ditutup rapet-rapet, tapi petasannya ga’ meledak-meledak. Mungkin sumbunya mati karena kepanjangan. Semua bingung, tapi engga ada yang berani ngedeketin. Begonya gue waktu itu... Gue kira tuh petasan dah mati, cuek aja gue buka telinga gue sambil cengar cengir ama si pacar. Taunya... “DDDUUUUUUAAAAAAAAAAAAARRRRRRRRRRRRR!!!” Tuh petasan meledak membahana dan dengan suksesnya memberhentikan detak jantung gue untuk beberapa detik dan setelahnya meninggalkan dengung panjang di telinga.

Gue dah kayak pulang dari perang Vietnam, jalan gue oleng gitu. Wah... Pokoknya engga lagi-lagi deh gue maen petasan keparat itu. Teko, rawit, rentet, banting... Pokoknya yang namanya petasan, gue najis bambang.

Tapi dasar nasiiiipppppppp… Sekarang ini gue tinggal di kawasan (halaahhhh….) perkampungan betawi di Jakarta Selatan ujung, di Kecamatan Pondok Labu, Kelurahan Pangkalan Jati Baru.

Nah… Secara kampung yeeee… Pas masuk bulan puasa, 1001 model petasan langsung berkoar.

Pas malem, gue lagi duduk di taman (Cieeee... Tamaaaannn... Orang cuman rumput aja plus tali jemuran) bareng suami, sambil minum teh kayak di film-film. Mulailah jeritan petasan laknat itu.

Pas lagi nyeruput teh, “Duar!“ Udah tuh kaget... Pas mau nyeruput lagi, “Duar! Duar!“

Aaaaaaahhhhhhhhhhhh!!! Yang ada bibir gue makin jontor kena teh panas mulu.

Pas mau tidur juga gitu. Baru nutup mata, “Duar! Duar!“ Mau nutup mata lagi, “Duar! Duar! Duar!“

Haduuuuuuuhhhhhhhhhhh... Bener-bener cobaan puasa tingkat tinggi!

Besok kayaknya gue mau bales dendam. Setiap ada yang masang petasan di belakang rumah gue, langsung gue lempar balik pake batu bata dari balik tembok. Ga’ apa-apa lah... modal batu bata ama tenaga dikit doang... Yang penting puas. Bisa aja kan tuh anak-anak singkong nyangka demit pohon melinjo belakang rumah gue yang gangguin. Biarin... Makin keliatan angker, makin bagus. Biar engga ada yang berani maen petasan di belakang rumah gue lagi.

Huahahahahhahahahahhahaaaaaaa....... (suara ketawa jin kayak di film Aladdin)

6 comments:

ivan jenggot said...

itu kalo ga salah gw deh yang nyalain petasan hehehe

novi said...

gue juga empet sama petasan soalnya gue orangnya kagetan....

Ecky said...

Aku juga benci sama petasan, najis gak ada seru2nya malah ngagetin aja.. Dulu pernah waktu pulang kampung di tanah Cisayong ada salah satu Oom gw bawa petasan geda dari Jakarta (untung gak meledak dijalan tu petasan) trus bunyinya juga udah kayak rudal asli kenceng banget sampe alarm mobil pada bunyi. Yang topnya besok pagi ada yang nyamperin ke rumah nenek gw karena semua ayam ternaknya yang kebetulan ada di depan rumah pada mati karena kaget denger suara petasan yang membahana.. yahh apes deh lebaran malah harus ganti rugi..

Neng Keke said...

Ivan Jenggot:
Gue cukur lo jenggot lo! :p

Novi:
Kalo kagetan, diliatin aja petasannya sesaat sebelom meledak. Pasti engga kaegt deh :))

Ecky:
Huahahahhahaa.... Yang bener, neng. Aduh kesian amat tuh ayam, mati budek :p

Ulie Azhar said...

Teganya dirimu teganya teganya teganya teganya teganyaaa...

*Blom bobo malah nge-dhankdhut neh gw*

Masa dilempar bata sih mbak? Harusnya sih dilempar..batu sembunyi tangan..

Halah..dimana bedanya yaks? :-/

Dah ah, mo bobo dulu ya mbak Keke.. Masih kangen sih benernya neeh..tapi apa daya mata tak kuat hiks..

Anonymous said...

Neng keke, enak banget baca tulisannya. Ketawa.... trus. Dulu waktu kecil aq sering main petasan biasanya petasan dipegang, sumbu dibakar, liat dulu.... dah kebakar beon? kalau udah,baru dilempar. Tau nggak??? sebelum dilempar dah meledak.... untung petasannya gak terlalu gede, jadi tangan-jari cuma bengkak dikit, lebaran juga sembuh. Tq. Bye.