19.5.10

Kutukan Sis-Say-Sistah

Ga' tau karena males atau kaget teknologi, gue demen banget yang namanya online shopping, khusunya beli buku-buku import yang di sini harganya melangit ngit. Untuk online shopping di Indonesia, gue biasanya beli baju-baju atau barang-barang kurang penting kayak batik-batikan, teh hijau atau kaos kaki berjari-jari :))

Tapi, yang bikin semangat online shopping menurun (untung juga siy, jadi lebih hemat :p) adalah panggilan dari para penjual ke pembeli. 'Sis' , 'Say' bahkan 'Sista' jadi panggilan para penjual online di Indonesia. Berkali-kali dibilang, "Mba Anisa yang cantik, nama saya Keke, bukan Sis," tapi herannya mereka tetep manggil dengan 3 panggilan tadi.

Mangkel banget!!! Nama gue bukan Siske atau Kesis, apalagi Sosis!!!
Pernah kejadian (beberapa kali) gue batal beli barang karena gue keukeuh dipanggil Sis/Say/Sista padahal dari awal gue sudah dengan sangat sopan menyebut dia dengan nama aslinya atau nama tokonya dan juga mengenalkan gue sebagai pembeli yang bernama Keke.

"Halo *** online shop, ini Keke, saya mau pesen dong bla...bla...bla... Salam, Keke," begitu selalu isi berita pembelian gue.

"Boleh aja, Sis. Cek inbox ya," kata si penjual.

"Oke, saya udah kirim DP 500 ribu via BCA. Tolong dicek ya... Oya, nama saya Keke ya... Makasih." gitu isi tulisan balesan gue.

"Aku dah cek, Sis. Sudah diterima bayarannya. Barangnya akan sampai 2 minggu lagi. Oya minta nama, alamat pengiriman dan nonor telepon ya, Sis," bales si penjual.

"*** online shop. Nama aku Keke, jangan manggil Sis dong. Makasih ya... Salam, Keke." Jujur gue dah mulai nyolot.

"Ooo... Oke oke, Sis," balasnya tanpa perasaan.

Cukup deh. Gue langsung telepon dia untuk melakukan pembatalan dan minta uangnya ditransfer balik. Pas dia nanya alasannya, gue jujur jawab, "Abis lo manggil gue 'Sis', maaf banget, tapi gue kan dah bilang dari pertama bahwa nama gue Keke blablabla..."

Apakah uang gue dibalikin? Ada yang iya, ada yang engga dengan alasan ini dan itu. Alhamdulillah tetep dikirim siy barangnya :D

Sebenernya... Apa susahnya siy manggil nama aja? Atau engga usah pake manggil nama sama sekali deh mendingan. Ngerti sih, pembelinya mungkin banyak banget. Bisa sampe ribuan atau mungkin jutaan (mulai lebay). Tapi ya ga' usah so' akrab berujung ke nora' gitu deh... Ga' asik! Manggil 'mba' masih gue ampunin deh walaupun kedengerannya jadi mirip manggil pembentes di rumah. Tapi mendingan lah...

Pokoknya kalo sampe mba-mba kasir di Metro manggil gue Sis/Say/Sista, mungkin gue bakal pingsan sepingsan pingsannya...

BTW, mengacu ke pertanyaan Nien, kalo cowo dipanggilnya apa ya kalo di online shop gitu? 'Bro'? 'Sob'? 'Bat'? :)) Tetep gengges dyeh kedengerannya!!!

10 comments:

Farika said...

Kalo cowo bukannya "gan" atau "bro"? Makanya jadi ada "sis" :D

.:nien:. said...

mending dipanggil bro, apa gan. Gw sering panggil boss/gan di milis (ketara banget yak kalo gw ngikutin milis mas2).

ada lho curahan hati yang mendalam dari si mas2 itu mo onglen soping dan keukeuh dipanggil sis! Saya cowok mbak .... ok sis!

hiyaaaaaaa!!!

btw, gw onlen shop owner jg tapi gw gak pernaaaaah panggil pelanggan gw dengan sas sis sas sis! Risih gw ... pernah aja gw bilang, mbak ... maaf nama saya bukan siswanti!

Neng Keke said...

@Farika:
Aaaa.... Yayyayayaya...

@Nien:
=)) selalu ketawa setiap lo bilang 'siswanti' HUAHAHAHHAHAHHHAHHA

mamapunya said...

Jadi... kalo elo manggil gw dgn kata 'mbak'.. berarti gw berbau pembentes?? aaaarrrrgggggg....! Mulai sekarang.. elo panggil nama gw, ya Sis! Awasss!! Ntar gw ketauan umur gw umur mbak2! OK, Sis!

Ade said...

tanya toko sebelah aja sis, sama aja kok sis :P

Arman said...

huahahahah... bener tuh ganggu banget ya... :P lagian kok bisa kekeh jumekeh gitu ya... :P

kalo toko online nya untuk barang2 bayi, panggilannya biasanya mom atau dad. ini juga mengganggu banget. gak enak rasanya didenger, emangnya gua bapak lu apa? :P yang cocok manggil gua dad ya cuma anak gua doang lah... hahaha

ya udah, sis... segini aja komen nya ya sis! hahahaha :P

Neng Keke said...

@mamapunya:
Lah... Situ kan orang Jawa, ya sini panggil 'mba' dong. Kl situ orang Sunda, gue panggil 'teteh' atau 'ceuceu' :D

@Ade:
Iya ya :)) Kalimat itu standard banget. Suka ada yang nawar sprei ya, De :))

@Arman:
HUAHHAHHAHAHAH... Iya... Iya... Mungkin awalnya biar berasa 'deket', tapi terlalu 'deket' juga bikin kita mengkeret juga ya, BRO! :))

rouf said...

kalo lewat yg jualan parfum di metro yg bukan mini di pim, orang lewat ditawari produk & selalu dipanggil 'kakak'.... itu kl dandannya kota dan berbau duit... di luar itu ya ga dipanggil² :p

Dyah said...

Pertama kali dipanggil say...kaget setengah mati. Udah GR dikira ada yg naksir...ternyata emang itu panggilan gaul yak? hehe

Mending dipanggil sis ato makcik? hehehehehe

Neng Keke said...

@rouf:
Kayaknya sekarang 'kakak' lagi nge-hitz banget ya... Dari Mba-mba Melawai sampai Giordano manggil gitu... :p

@Dyah:
Eeeeaaa... *tepokjidat* Makcik mah nama pastel goreng. Dah coba? :D