3.8.07

Anak buah = rekan kerja = teman

Pertama kali kerja, jelas dong gue kerja sebagai ‘anak bawang’, punya 1 temen seperjuangan, seabreg senior, punya bos kecil satu, bos besar 1 dan satu lagi bos raksasa. Di sana gue dipanggil ‘anak buah’. Dan gue bangga sebagai anak buah karena gue waktu itu sudah jadi karyawan.

Di tempat berikutnya gue tetep ‘anak buah’. Tapi gue engga pernah diperlakukan sebagai ’anak buah’. Di sana gue dipanggil dan dianggap sebagai ’partner’ sama senior-senior dan juga pak bos. Gue engga tau pasti gue dipanggil apa sama bos besar dan bos raksasa. Biar gitu, gue dah ngerasa seneng.

Di loncatan selanjutnya, gue ngerasa gue balik lagi ke kelas junior, karena di tempat ini semuanya rata-rata pemain lama dan kaya pengalaman. Gue memanggil diri gue sebagai ‘anak buah’ lagi. Engga masalah buat gue. Yang aneh, bos kecil gue nganggep gue sebagai ‘anaknya’, mungkin karena umur kita beda sampe itungan puluhan. Di titik itu gue ngerasa dimanja banget ya... Malahan seneng!

Sama temen-temen yang jauh lebih senior, gue dirangkul dengan panggilan ’rekan kerja’. Dan yang bikin gue merasa makin ‘dimanusiakan’ adalah waktu gue denger dengan kuping gue sendiri, si bos besar manggil gue di depan para client, “Kenalin, ini ’temen-temenku’. Yang itu Koko - Group Head, di sebelahnya Kiki – Senior Art Director dan yang paling ujung Keke – Senior Copywriter.”

Wwuuuiiihhhh… Berbunga-bunga banget hati. Orang sekaliber bos besar, dengan ratusan ribu jam jumpalitan di bisnis ini, manggil gue, manggil kita semua, si keset-keset cengceremet ini dengan panggilan ‘temen’. Suatu penghargaan yag luar biasa.

Dari ‘se-emprit’ pengalaman bekerja ini, gue belajar, belajar banget, bahwa memanggil orang dengan panggilan ‘sayang’ yang memanusiakan orang itu, engga pernah rugi buat dilakuin. Ujung-ujungnya sih cuma bikin hati orang seneng, bikin makin PD tanpa bermaksud mengecilkan si bos. Dianggap selevel, tapi malahan bikin kita makin hormat ama si bos. Salut ama tipe bos kayak gini.

Makanya mulai dari situ, gue (sebagai Bu’ Bos di rumah) engga pernah bilang pembentes di rumah sebagai pembentes atau kuli. Gue panggil dia ‘mba saya’ atau ‘temen’ gue. Supir pun gue panggil sebagai ‘sodara’. Waktu kerja dengan beberapa orang yang umurnya lebih muda dari gue 5 taun-an di kantor, gue panggil mereka dengan ‘rekan kerja’. Mudah-mudahan mereka ngerasa ‘dimanusiakan’ kayak gue dulu.

No comments: