30.1.06

N G E R U J A K, yuk!

Kayaknya dari penciptaannya dari jaman dulu, rujak emang dikonsepin untuk dimakan barengan. Secara emang isinya campuran buah-buahan banyak bener…

Kalo ga' salah, jaman dulu, sering banget diadain acara kumpul-kumpul berjudul Rujak Party. Padahal wacana utamanya, bisa aja malahan rapat ini itu yang asik ngumpet di balik nama Rujak Party. Orang pasti juga lebih tertarik sama nama itu ketimbang sama judul acara Rapat Tahunan atau Luch Meeting. Iya kaaaannnn.....? Jadi kemungkinan acara itu didatengin banyak orang jauh lebih besar. Pinter juga ya?

Jadi kebukti dong kalo ngerujak itu bisa ngeramein suasana... Makin rame yang makan, makin heboh… Makin pedes rasanya, makin seru. Tempat ga' masalah, yang penting makan rujak.

Pernah nih, gue beli rujak dan makan sendiri. Sumpah, ga’ enaknya luar biasa. Rasanya datar aja.


Pas besoknya gue beli lagi, langsung dong gue tereak-tereak manggil temen-temen sekantor buat ikutan makan pas tuh rujak sampe di meja gue. Dalam itungan menit, meja langsung rame. Ga’ jelas tangan siapa dan bekas ngapain aja, semuanya adu cepet buat ngambil potongan buah itu. Gilanya, masih ada aja yang sibuk pulah pilih buah, udah dipegang, terus dibalikin lagi, pegang, balikin lagi, nyari yang gimana ga’ jelas. Biasanya sih yang gitu cewe :p

Ga’ tau gimana, rasa rujak itu kok ya jadi enaaaaaaaaaaaaaakkkkk banget. Padahal itu rujak yang percis sama kemaren.

Potongan kedondong, mangga, jambu batu, jambu cingcalo, nanas, bengkuang, pepaya dan diatasnya dikasih serpihan jeruk bali. Buat colekannya, ada garem cabe dan saos gula jawa pedes pake kacang tanah goreng. Wuuuiiiihhh... Edun pisaaaannn... Slluurrppp!!!

Apalagi kalo dingin!

Trus, ada yang bilang, "Rujak itu makanan cewe'. Khususnya cewe' hamil."

Wek! Salah banget! Dari mulai abang penjualnya, sampe yang makan, terbukti banyakan cowo'. Justru cewe' biasanya males makan rujak karena takut kacangnya bikin jerawat dan nempel di kawat gigi, belom lagi gulanya yang bikin gendut.

Balik lagi ke sensasi makan rujak... Yang bikin enak tuh pas nahan pedes... bibir berasa makin jontor! Dikombinasi sama obrolan tentang gosip terpanas siang itu. Sambil ‘sehah-sehah’ kepedesan, sambil ngomentarin ini itu. Pas bener deh!

Tapi, ada temen gue yang bilang, sebenernya rujak tuh yang bikin enak bukan rasanya atau makan sama siapanya tapi karena... gratisnya!

Iya sih... Kadang-kadang (sering) mangkel banget kalo pas kita beli, buah yang kita mau malahan disikat orang. Apalagi kalo orang yang nyikat ini terkenal cuma numpang ngeramein makan doang. Beli sih ga’ pernah. Mau ga’ diajakin kok ya... dateng sendiri. Mau ditegor... Ga' ada waktu, entar malahan keabisan sama sekali. Sebel.

Jadi kadang gue bingung juga... Mau makan rujak, sendirian ga’ seru. Tapi kalo banyakan, enak sih enak, tapi bisa keabisan. Bodo’ ah...

“Ada yang mau rujak gaaaa’???”




3 comments:

Luigi said...

Wah mau dong rujaknya :), nggak hanya rujak aja kok - disini makan apapun bisa jadi barengan :) meski diajak atau nggak, tetep aja banyak juga yang muka badak ikut nimbrung tanpa diundang, persisi kayak lalet ijo aja..

Seneng udah bisa mampir kesini, salam hangat dari afrika barat :)

Ecky said...

Kalo gue punya prinsip makanan yang ada diatas meja dan kliatan orang berarti milik bersama dan untuk di share (refer ke diri sendiri, soalnya kalo gue punya makanan yang gak mau di share ya gue umpetin buat makan di rumah hihihi)

Jammie said...

baca aja jadi tengiler-ngiler..